Sejarah Pura Dalem Ped Nusa Penida yang Melegenda

Sejarah Pura Dalem Ped Nusa Penida yang Melegenda

Pulau Dewata Bali dikenal sebagai pulau yang sangat memegang erat budaya dan adat istiadatnya dalam melakukan persembahyangan. Tak heran jika Bali memiliki banyak pura-pura yang selalu dijaga kesuciannya. Adapun salah satu pura yang paling terkenal ialah Pura Dalem Ped Nusa Penida atau yang juga disebut dengan nama Pura Penataran Agung Ped. Sejarah Pura Dalem Ped Nusa Penida sangat mencuri perhatian. Keberadaan pura ini memang sangat dikeramatkan dan aura mistisnya masih begitu kental apabila anda berkunjung ke pura ini.

Pura Dalem Ped Nusa Penida ini terletak sekitar 50 meter sisi selatan bibir pantai lautan Selat Nusa. Dikarenakan pengaruhnya yang sangat luas, yaitu seluruh pelosok Bali, maka Pura Dalem Ped Nusa Penida disepakati sebagai Pura Kahyangan Jagat. Pura yang satu ini selalu dipadati pemedek dalam memohon keselamatan, kerahayuan, kesejahteraan, dan ketenangan. Sampai saat ini, pura ini begitu terkenal sebagai salah satu tempat wisata spiritual yang paling diminati.

Sejarah Pura Dalem Ped Nusa Penida

Mulanya, nama untuk Pura Dalem Ped Nusa Penida menjadi perdebatan. Kelompok Puri Gelgel, Puri Klungkung, dan Mangku Rumodja Mangku Lingsir, menamakan pura ini sebagai Pura Penataran Ped. Sementara para balian di Bali menamakannya sebagai Pura Dalem Ped. Seorang penulis buku dan penekun spiritual, Dewa Ketut Soma dalam tulisannya Selayang Pandang Pura Ped menyampaikan pendapat bahwa kedua sebutan yang berbeda tersebut benar adanya. Menurutnya, yang dimaksud dengan Pura Dalem Penataran Ped, yakni penataran dan dalem. Beberapa petunjuk mengatakan mulanya bernama Pura Dalem.

Dalam buku tulisan Drs. Wayan Putera Prata, Sejarah Nusa dan Sejarah Pura Dalem Ped menyebutkan bahwa Pura Dalem Ped mulanya bernama Pura Dalem Nusa. Penggantian nama dilakukan oleh tokoh Puri Klungkung di zaman I Dewa Agung. Penggantian nama tersebut dilakukan setelah Ida Pedanda Abiansemal dan pepatih beserta pengikutnya secara beriringan (mapeed) datang ke Nusa guna melihat kebenaran atas keberadaan tiga tapel sakti yang ada di Pura Dalem Nusa secara langsung.

Karena kesaktiannya, tapel-tapel tersebut bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit yang diderita oleh manusia dan tumbuhan. Sebelumnya, Ida juga kehilangan tiga tapel. Begitu melihat ada tiga tapel di Pura Dalem Nusa, ia menyadari bahwa tapel tersebut adalah tapel miliknya yang hilang. Akan tetapi, Ida tak mengambil balik lagi tapel-tapel tersebut dengan syarat warga Nusa menjaganya dengan baik serta melakukan upacara sebagaimana mestinya secara terus menerus.

Dalam sejarah Pura Dalem Ped Nusa Penida, masyarakat setempat menepati janjinya dengan melakukan upacara mapeed. Sejak saat itu, I Dewa Agung Klungkung merubah nama Pura Dalem Nusa menjadi Pura Dalem Peed (Ped). Pura ini bisa anda temukan di di Desa Ped, Sampalan, Pulau Nusa Penida.

keyword: sejarah pura dalem ped nusa penida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *