Air Terjun Guyangan Nusa Penida, Sensasi Kolam Alami di Tebing

Air Terjun Guyangan Nusa Penida, Sensasi Kolam Alami di Tebing

Air terjun Guyangan Nusa Penida adalah destinasi wisata yang menyuguhkan sensasi air terjun sekaligus mata air. Dengan mengunjungi Guyangan Nusa Penida, anda bisa merasakan derasnya hempasan air terjun dan segarnya mata airnya. Dijamin anda akan merasa betah berlama-lama liburan di tempat wisata ini. Untuk lebih jelasnya, berikut kami bagikan ulasan lengkap mengenai Guyangan Nusa Penida selengkapnya untuk anda.

Air Terjun Guyangan Nusa Penida

Di Nusa Penida ada dua mata air. Mulanya, mata air Guyangan berguna untuk mengalirkan air bersih ke masyarakat setempat. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, mata air Guyangan menjadi tempat wisata favorit wisatawan. Bagi anda yang tertarik ingin mencoba segarnya mata air Guyangan, anda perlu menuruni ratusan anak tangga besi yang ada di dinding tebing. Perjalanan melewati anak tangga terasa sangat menantang karena di bagian bawahnya sudah ada hamparan luas lautan Samudera Hindia yang menanti.

Jarak yang perlu ditempuh untuk turun ke mata air Guyangan sekitar 450 meter dengan kemiringan sekitar 80 derajat. Kemiringan jurang memang cukup curam. Hanya saja, semua akan terbalaskan saat anda sudah tiba di lokasinya. Di bak penampungan atau yang lebih dikenal dengan kolam alami ini, anda bisa berendam untuk merelaksasikan diri dan melepas rasa lelah setelah menuruni tangga. Begitu memanjakan mata karena anda juga akan disuguhi keindahan alam yang mempesona.

Di sebelah barat, ada kolam air yang digunakan sebagai tirta untuk diambil warga ketika upacara keagamaan. Sementara di sebelah timurnya ada aliran air yang dibiarkan mengalir langsung ke laut. Karena keterbatasan mesin pompa air, air terjun Guyangan Nusa Penida tidak sepenuhnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat setempat. Adapun daerah di Nusa Penida yang bisa dijangkau aliran mata air Guyangan ialah Desa Kutampi, Batu Madeg, Tanglad, Pejukutan, Klumpu, Batu Kandik, Sekar Taji, dan Bunga Mekar.

Lokasi dan Rute

Mata air Guyangan bisa anda temukan di lereng bukit, tepatnya di Dusun Guyangan, Desa Batu Kandik, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Untuk anda yang ingin menuju ke Guyangan Nusa Penida, anda perlu naik speed boat ataupun kapal cepat. Dari Sanur bisa menghabiskan waktu sekitar 40 menit dengan fast boat, sementara dari dermaga Pantai Pesinggahan akan memakan waktu selama 20 menit. Apabila anda ingin sensasi yang lebih menyenangkan, anda bisa naik kapal Quicksilver Cruise yang dilengkapi dengan permainan watersport.

Setelah sampai di dermaga Toya Pakeh, anda bisa sewa mobil atau motor. Dari Toya Pakeh, anda butuh sekitar 1 jam dengan berkendara menuju air terjun Guyangan Nusa Penida. Setelah anda puas berlibur di mata air Guyangan, anda bisa mengunjungi tempat wisata di sekitarnya. Sebut saja Pantai Pasih Uug, Pantai Andus, Crystal Bay, Pantai Kelingking, dan Pantai Atuh.

keyword: air terjun guyangan nusa penida

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *